Kuliah Umum Teknologi Otomotif menghadirkan manajer PT. Motor Image Indonesia

Hima Otomotif FT UNY mengadakan Kuliah Umum Teknologi Otomotif (KUMLOT) dengan tema "Teknologi Kemananan dalam Berkendara". Kumlot dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2015 pukul 12.00-17.00 di Aula KPLT FT UNY Lt 3. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi-informasi terkini tentang perkembangan teknologi otomotif. Bertindak sebagai narasumber dalam KUMLOT 2015 adalah Bapak Dedy Kristiadi (Alumni Otomotif angkatan 1995). Dedi Kristiadi pada saat ini menjabat sebagai Manager of Aftersales-Warranty Technical & Training PT. Motor Image Indonesia. PT. Motor Image Indonesia merupakan agen pemegang merk (APM) untuk kendaraan produksi Subaru.

Kegiatan KUMLOT dibuka dengan sambutan dari Ketua panitia, Ketua Hima Otomotif 2015, dan Ketua Jurusan PT. Otomotif FT UNY. Menurut ketua panitia Wahyu Saputra, KUMLOT 2015 diadakan dengan mengambil tema Teknologi Keamanan dalam Berkendara karena perkembangan teknologi otomotif pada saat ini salah satunya difokuskan pada upaya pencegahan terjadinya kecelakaan dengan mengaplikasikan teknologi-teknologi yang dapat meningkatan keamanan dalam berkendara. Teknologi-teknologi terbaru yang diaplikasikan belum semuanya dapat dipelajari dibangku kuliah. Oleh karena itu, kehadiran praktisi dari industri sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Sementara Ketua Jurusan Otomotif FT UNY, Bapak Martubi, M.Pd.,M.T mengingatkan kepada semua peserta untuk turut berpartisipasi dalam meningkatkan keamanan dalam berkendara. Disatu sisi, ketua Jurusan PT. Otomotif FT UNY menantang peserta untuk mengkaji dan mengembangkan berbagai macam teknologi yang bermanfaat bagi manusia khususnya dalam bidang otomotif, akan tetapi beliau juga mengingatkan bahwa secanggih apapun teknologi yang diaplikasikan semua akan kembali kepada karakter manusia sebagai penggunanya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Dedi Kristiadi. Dalam materinya, beliau menyampaikan beberapa teknologi terbaru yang diaplikasikan pada kendaraan yang diproduksi oleh Subaru. Teknologi yang diaplikasikan misalkan saja adalah adaptive commonrail yang memungkinkan kendaraan dapat melaju secara otomatis dengan tingkat kecepatan tertentu tanpa perlu diinjak pedal gasnya. Selain itu, juga terdapat teknologi aplikasi mesin type Boxer (H) yang memungkinkan semua kendaraan produksi Subaru memiliki keseimbangan yang baik mulai dari bagian depan sampai belakang serta memiliki titik berat yang rendah sehingga kendaraan lebih stabil dan tidak mudah terguling. Materi-materi disampaikan selama 2 sesi dengan jeda istirahat sholat ashar.

Setelah materi disampaikan, diadakan tanyajawab dengan peserta. Selain menjawab pertanyaan dari peserta, Bapak Dedi Kristiadi juga memberikan pertanyaan kepada peserta sebagai kuis. Baik peserta yang bertanya maupun dapat menjawab pertanyaan dari Bapak Dedi Kristiadi mendapatkan kenang-kenangan dari panitia Kumlot 2015. IS.

Label Berita: