Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Mendapatkan Gold Medal pada Ajang World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2021

Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif UNY kembali menorehkan prestasi di ajang Internasional. Mereka berhasil meraih Gold Medal pada ajang World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2021. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Assosiation (IYSA) berkolaborasi dengan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia. Tercatat sebanyak 288 tim yang berasal dari 21 negara yang mengikuti ajang ini.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 17-20 Juni 2021. Tim UNY yang beranggotakan Wolly Dwi Parma (Pendidikan Teknik Otomotif), Chalik Nopa Saputra (Pendidikan Teknik Otomotif), Sherly Hariyanti (Pendidikan Kimia), Nadya Putri Kurniasari (Pendidikan Teknik Elektro), Sintya Marissa (Pendidikan Teknik Sipil). Inovasi yang mereka buat masuk kedalam bidang teknologi. Pada ajang ini, mereka membuat prototype alat pendeteksi lahar dingin dan getaran yang terjadi di daerah aliran sungai Gunung Merapi. Ide ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penambang pasir di daerah aliran sungai Gunung Merapi dimana mereka tidak mengetahui jika akan ada lahar dingin dari Gunung Merapi yang datang secara tiba-tiba. Alat ini memiliki 3 ketinggian air dan sirine yang akan berbunyi saat ada getaran. Dalam pembuatan paper dan prototype, Wolly dan Sintya berperan membuat prototype, Chalik sebagai pemogram alat dan perangkai alat, sedangkan Sherly dan Nadya mengkaji referensi alat dan pengambilan data.

“Sebagai mahasiswa kita seharusnya menginovasi apa yang sudah ada dan mengeksekusi dengan kolaborasi yang baik. Karena kolaborasi yang baik akan menghasilkan yang terbaik.” kata Sherly.

AN

Label Berita: