PELATIHAN PENYUSUNAN MATERI UJI KOMPETENSI “PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM REM” BAGI ASESOR OTOMOTIF DI YOGYAKARTA


LSP OTOINA merupakan lembaga yang memberikan layanan Uji Kompetensi dalam bidang otomotif yang memiliki 16 assessor. Pada saat ini, LSP OTOINA belum memiliki dokumen materi uji kompetensi (MUK) dalam bidang perawatan dan perbaikan sistem rem kendaraan ringan roda empat sesuai dengan peraturan SK Menteri Ketenagakerjaan Nomor 97 tahun 2018. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) kelompok dosen jurusan pendidikan teknik otomotif FT UNY yang beranggotakan Dr. Martubi, Dr. Agus Puji Prasetyono, dan Ibnu Siswanto, Ph.D, serta dibantu oleh tim mahasiswa melaksanakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang pengembangan materi uji kompetensi skema kluster “Perawatan dan perbaikan sistem rem” bagi asesor LSP OTOINA.


Kegiatan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan secara langsung dilaksanakan pada 29 maret dan 17 April 2021 dengan mengundang Tim assessor LSP OTOINA. Pelatihan diawali dengan pembukaan dan pemaparan materi oleh tim pelaksana PPM Jurusan PT. Otomotif FT UNY yang tergabung dalam kelompok grup chasiss. Setelah pemaparan materi, peserta dan tim pelaksanaa PPM melakukan pencermatan secara detail untuk mengidentifikasi perubahan-perubahan yang harus dilakukan dalam materi uji kompetensi. Hasil pencermatan selanjutnya dipresentasikan sehingga semua peserta dapat mengetahui hasil pencermatan masing-masing dan melakukan diskusi untuk strategi penyusunan materi uji kompetensi.
Selanjutnya, tim asesor yang bertugas menyusun materi uji kompetensi skema kluster perawatan dan perbaikan sistem rem melaksanakan tugas penyusunan dengan aktif. Materi uji kompetensi yang dikembangkan meliputi form rekaman asesmen kompetensi, meninjau proses asesmen, memberikan kontribusi dalam validasi asesmen, peta instrument asessmen, tugas paraktik demonstrasi, ceklis observasi aktifitas di tempat kerja atau tempat kerja simulasi, dan soal uji kompetensi. Hasil pengembangan dipresentasikan kepada para peseta lainnya untuk mendapatkan masukan perbaikan. Hasil akhir berupa perangkat dokumen materi uji kompetensi perawatan dan perbaikan sistem rem kendaraan ringan roda empat. Peserta menyatakan kepuasannya berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan. Diharapkan Kerjasama antara FT UNY dengan LSP OTO INA akan terus dikembangkan dimasa yang akan datang. Sumber Sekjur PTO.
 

Label Berita: