Pelaksanaan kuliah minggu 1 tahun ajaran 2014/2015

Kuliah perdana tahun ajaran 2014/2015 di PT. Otomotif pada khususnya dan di UNY pada umumnya dilaksanakan mulai senin 8 September 2014. Pelaksanaan kuliah perdana di Jurusan PT. Otomotif FT UNY berjalan dengan lancar. Semua kegiatan perkuliahan dapat terlaksana dengan baik karena persiapan-persiapan yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan kuliah baik teori maupun praktik dilaksanakan sesuai dengan jadwal perkuliahan yang telah disusun sebelumnya.

Salah satu terobosan baru yang dilakukan untuk evaluasi dan monitoring kegiatan di Jurusan PT. Otomotif FT UNY yaitu dengan adanya evaluasi kegiatan pembelajaran oleh mahasiswa kepada dosen secara online. Pengambilan data evaluasi kegiatan pembelajaran selama ini dilakukan secara manual. Setiap mahasiswa diberi angket dan diminta memberikan evaluasi tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen. Angket yang telah diisi kemudian dikumpulkan dan direkap oleh bagian pengajaran PT. Otomotif FT UNY. Setelah direkap, data tersebut akan dikirimkan ke bagian penjaminan mutu FT UNY untuk diolah lebih lanjut. Salah satu kelemahannya yaitu, waktu yang dibutuhkan oleh bagian pengajaran untuk memasukkan data yang jumlahnya sangat banyak memerlukan waktu yang lama. Dengan adanya pengisian evaluasi secara online diharapkan dapat memberikan perbaikan terhadap masalah tersebut.

Pelaksanaan evaluasi secara online, mahasiswa hanya perlu membuka tautan http://besmart.uny.ac.id/course/view.php?id=2311 . Mahasiswa kemudian mendaftar ke mata kuliah penjaminan mutu tersebut menggunakan ID yang telah diberikan kepada semua mahasiswa UNY pada saat awal masuk. Setelah mendaftar di mata kuliah penjaminan mutu, mahasiswa langsung dapat mengisi angket yang telah tersedia. Pada saat ini angket yang tersedia yaitu evaluasi kebersihan, kerapian, dan kenyamanan fasilitas teori dan praktik serta evaluasi perkuliahan awal proses pembelajaran. Setelah mengisi semua pertanyaan dan pilihan jawaban, mahasiswa mengakhiri proses pengisian angket secara online dengan mengklik "submit".

Dengan adanya evaluasi secara online, rekap data yang masuk dapat dilihat dan diamati secara cepat. Data yang dapat diamati dengan cepat memungkinkan kemudahan untuk pengambilan rencana tindak lanjut yang diperlukan. :)

Label Berita: