“Evo Uny” Tim Mobil Power Listrik Semarakan Pameran Perayaan 60 Tahun Kerjasama Indonesia-Jerman di GOR UNY

Tim Mobil Power Listrik (MPL) UNY yang beranggotakan Onery Andy Saputra, Ahmad Yulianto, I Nyoman Agus Putra N, Wahyu Hidayat, Marda Eka H, Abri dan Yusron Mubarok dengan pembimbing Bambang Sulistyo, S.Pd., M.Eng. dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta berhasil membuat mobil listrik generasi ke-4 yang akan bertanding dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI IV) 2012 yang akan diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) Tingkat Nasional.

Mobil listrik yang diberi nama Electric Vihicle Odyssey (EVO) UNY ini berhasil menyedot perhatian publik saat pameran perayaan 60 tahun hubungan kerjasama Indonesia-Jerman di GOR UNY. Mobil listrik ini, memiliki dimensi lebar 125 cm, panjang 180 cm, dan tinggi 100 cm dengan berat 150 Kg. Mobil tersebut menggunakan empat buah baterai 12 V, 40 Ah. Sumber penggerak yang digunakan pada mobil tersebut adalah dua buah dinamo DC tanpa sikat, dengan daya 4500 Watt secara kontinyu dan secara sesaat mampu mencapai 5200 watt. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam dengan jarak tempuh 45 km. Mobil ini dibuat dari bulan Januari 2012 dan hingga saat ini sudah dilakukan empat kali pengembangan.

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 November 2012 ini berlangsung di arena sirkuit balap POLBAN dengan lima kategori yang dilombakan. KMLI 2012 ini mengusung tema “Mobil listrik kendaraan efisien dan bebas polusi”. Adapun kategori yang dilombakan meliputi Uji Tanjakan, Uji Percepatan (akselerasi), Uji Pengereman, Adu Balap, dan Uji Efisiensi. Kegiatan ini bertujuan untuk memicu kreativitas mahasiswa dalam pengembangan penggunaan energi listrik dalam sistem transportasi sebagai pengganti bahan bakar fosil. Penyelenggaraan kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan lingkungan bersih yang berkelanjutan.

Label Berita: