RELAWAN DEMOKRASI DI TENGAH PANDEMI

(Bantul) Presiden Jokowi menegaskan bahwa berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No.6/2020, pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tetap diselenggarakan dan harus menerapkan protokol kesehatan. Sehingga peraturan itu menjadi acuan KPU kab. Bantul dalam mencari relawan demokrasi dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati kab. Bantul.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu universitas yang mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat. Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dilaksanakan sepanjang masa dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kurikulum Merdeka Belajar, maka UNY dengan cepat menanggapi dengan mengeluarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2020 tentang Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Sarjana dan Sarjana Terapan. Namun situasi dan kondisi sampai saat ini sedang menghadapi pandemi covid-19 yang menyebabkan berbagai aktivitas masyarakat menjadi lumpuh. Kondisi ini menuntut respon yang cepat dan langkah yang strategis, dinamis dan adaptif dari UNY dalam memberikan layanan terhadap mahasiswa sehingga lahirlah PK-KKN TERINTEGRASI UNY 2020.

KKN adalah mata kuliah lapangan yang mengembangkan soft skill mahasiswa dalam hal hidup masyarakat, berorganisasi, berhubungan dengan orang/organisasi lain, mengelola sumber daya, merumuskan rencana, melaksanakan kegiatan dalam kelompok maupun mandiri. Dengan demikian, penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul tahun 2020 telah menumbuhkan keinginan Muhammad Rasyid Ali sebagai mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif FT Universitas Negeri Yogyakarta sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk ikut serta menjadi Relawan Demokrasi di wilayahnya. Dengan dasar untuk mengembangkan soft skill mahasiswa untuk kepentingan hidup masyarat maka menjadi relawan demokrasi tentunya mempunyai manfaat yang begitu besar karena menyangkut dan langsung terlibat dengan masyarakat banyak dan hajat besar warga bantul dalam menentukan pemimpin. Selain itu mahasiswa bisa berorganisasi, berhubungan dengan orang/organisasi lain sebab menjadi relawan demokrasi itu termasuk dalam organisasi KPU sebagai penyelenggara tunggal pemilihan bupati dan wakil bupati bantul serta berhubungan dengan organisasi lain yaitu Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).

Relawan Demokrasi untuk wilayah setingkat Desa/Kelurahan ada 3 orang, dan untuk Desa Wijirejo salah satu nya mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2017 FT Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Muhammad Rasyid Ali. Menjadi relawan demokrasi sejak 15 juni 2020 dan akan berakhir nanti pada bulan januari 2021, adapun pencoblosan dilaksanakan hari rabu, 9 Desember 2020. 8 bulan akan menjadi relawan demokrasi dan sudah menjadi konsekuensi walaupun secara program PK-KKN TERINTEGRASI UNY 2020 sudah terpenuhi yaitu 6 bulan.

Label Berita: