Workshop Pemercepatan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Otomotif

Tim monitoring Tugas Akhir Skripsi Jurusan PT. Otomotif FT UNY melaksanakan kegiatan workshop pemercepatan tugas akhir skripsi untuk mahasiswa S1 jurusan PT. Otomotif FT UNY. Workshop dilaksanakan pada Kamis, 16 Oktober 2014 di Aula KPLT Lt 3 FT UNY. Kegiatan diikuti oleh semua mahasiswa S1 PT. Otomotif FT UNY khususnya angkatan 2011 mulai dari jam 08.00-12.00 WIB. Tujuan pelaksanaan worshop untuk mahasiswa S1 angkatan 2011 (semester 7) yaitu untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk segera menyelesaikan studinya. Selama berlangsungnya workshop, peserta mendapatkan penjelasan tentang kebijakan dan prosedur penulisan tugas akhir skripsi serta prosedur penulisan jurnal mahasiswa. Diakhir acara, semua peserta diminta untuk menemui calon dosen pembimbing dengan membawa proposal penelitian yang telah dikoreksi sebelumnya oleh tim monitoring tugas akhir skripsi.

Prosedur dan kebijakan penulisan tugas akhir skripsi disampaikan oleh Prof. Dr. Herminarto Sofyan, M.Pd., selaku Koordinator Tugas Akhir Skripsi Jurusan PT. Otomotif FT UNY. Salah satu strategi baru yang mulai diterapkan untuk angkatan 2011 yaitu proses pengajuan judul penelitian dan penunjukan calon dosen pembimbing dilakukan diakhir mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi salah satu masalah utama penulisan tugas akhir skripsi yaitu kesulitan dalam menemukan masalah dan judul penelitian. Prof. Dr. Herminarto Sofyan juga memberikan motivasi kepada mahasiswa supaya jangan mudah menyerah ketika menghadapi hambatan atau kesulitan dalam pengerjaan skripsi. Beliau menceritakan pengalaman beliau ketika menulis disertasi untuk kuliah S3 di Jakarta. Beliau harus berangkat dari Yogyakarta malam hari, sampai di Jakarta dinihari dan menunggu dosen pembimbing di kampus. Jika dosen pembimbing tidak memiliki waktu untuk bimbingan maka beliau harus kembali ke Yogyakarta di sore harinya. Hal itu berlangsung hampir 4 bulan hanya untuk mendapatkan pengesahan dari dosen pembimbing. Dalam setiap kesulitan pasati ada hikmahnya, oleh karena itu semua mahasiswa harus terus bersemangat untuk melewati halangan dan rintangan yang menghadang.

Sementara materi tentang jurnal penelitian disampaikan oleh Dr. Zainal Arifin, M.T, selaku Ketua Redaktur Jurnal Elektronik Jurusan PT. Otomotif FT UNY. Dr. Zainal Arifin, M.T, menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengumpulkan jurnal penelitian dalam kondisi yang sudah siap cetak hanya 48% saja. Sebanyak 62% mahasiswa yang lain masih belum bagus jurnalnya. Oleh karena itu, tim pengelola Jurnal Elektronik Jurusan PT. Otomotif FT UNY menyediakan template untuk jurnal mahasiswa. Mahasiswa dapat mendownload file-file yang dibutuhkan di http://besmart.uny.ac.id/course/view/2216.

Diakhir acara, peserta diminta untuk menemui calon dosen pembimbing dengan membawa proposal penelitian yang telah dikoreksi oleh tim tugas akhir skripsi. Output yang diharapkan dari workhsop ini yaitu semua mahasiswa S1 angkatan 2011 segera mulai mengerjakan tugas akhir skripsi dan diharapkan dapat menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun. IS.

 

Label Berita: