PENGEMBANGAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

PENGEMBANGAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

SMK Negeri 1 Saptosari merupakan salah satu sekolah kejuruan di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sekolah ini didirikan pada tahun 2004. Berdirinya sekolah ini melalui perjalanan yang cukup panjang. Awal mula SMK Negeri 1 Saptosari berdiri karena keinginan masyarakat. SMK Negeri 1 Saptosari awalnya merupakan sekolah kecil yang menggabung dengan SMP 1 Saptosari, pada bulan desember tahun 2004, dan baru memiliki satu kelas, yaitu jurusan Audio Video (AV).

Seiring waktu, SMK Negeri 1 berkembang pesat hingga saat ini. Perkembangan SMK Negeri 1 Saptosari sampai pada ditunjukknya salah satu program studi yang menggunakan kurikulum SMK Pusat Keunggulan, yaitu Jurusan Tata Busana. Setelah salah satu jurusan dalam suatu SMK menggunakan Kurikulum Pusat Keunggulan, maka jurusan yang lain akan menyusul menggunakan kurikulum tersebut ditahun-tahun mendatang, termasuk diantaranya adalah Jurusan Otomotif. SMK Pusat Keunggulan membutuhkan manajemen yang kuat, dan tangguh dalam mengelola sekolah, oleh karena itu tim Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) kelompok dosen jurusan Pendidikan Teknik Otmotif FT UNY yang beranggotakan Kir Haryana, M.Pd, Dr. Amir Fatah dan Yoga Guntur Sampurno M.Pd, serta dibantu mahasiswa, melaksanakan kegiatan “Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Negeri 1 Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.”

Program pengabdian kepada masyarakat (PPM) dilaksanakan dengan diawali melakukan perencanaan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi. Perencanaan PPM dilaksanakan dengan mencermati kebutuhan SMK N 1 Saptosari yang dapat dipenuhi oleh tim PPM dan kemudian mempersiapkan rencana dan pedoman pendampingan.

Pelaksanaan PPM dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 8 dan 9 November 2021 di SMK Negeri 1 Saptosari. Peserta kegiatan PPM adalah Kepala Sekolah beserta Wakil-wakil Kepala Sekolah, Kaprodi dari setiap Prodi yang ada di SMK Negeri 1 Saptosari dan seluruh guru Jurusan Otomotif. 

Pelaksanaan PPM dimulai dengan pemaparan materi oleh Tim pelaksana PPM untuk kemudian dilaksanakan sesi tanya jawab dengan seluruh audiens. Materi yang diberikan pertama kali adalah tentang Manajemen berbasis Sekolah untuk Memperkuat SMK PK yang diikuti dengan paparan materi berkaitan dengan implementasi Kurikulum SMK PK dan diakhiri dengan materi bertemakan project-based learning. Setelah pelaksanaan pemaparan materi dan tanya jawab, setiap peserta diminta untuk memberikan pendapat dan saran tentang pelaksanaan PPM sebagai bagian dari proses evaluasi PPM. Hasil kegiatan evaluasi dari pelaksanaan PPM ini adalah sebagian besar audiens menyatakan sangat puas atas pelaksanaan kegiatan dan berharap kegiatan PPM ini bisa berlanjut dalam tema yang berbeda.sumber: yogaguntur

Label Berita: