Mobil Hybrid Mahasiswa UNY Bisa Ngebut 100 Km Per jam

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tipisnya cadangan minyak bumi saat ini, membuat masyarakat sedang berlomba-lomba untuk mencari sumber energi baru dan terbaharukan.

Mobil pun dikembangkan untuk dapat semakin efisien dengan teknologi yang paling baru.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berhasil merancang mobil balap hybrid bertenaga listrik dan berbahan bakar bensin dalam satu mesin.

Public Relation Officer Tim Garuda UNY, Dyah Nurul Fajar, menuturkan, konsep mobil hybrid ini adalah mesin yang mempunyai dua sumber tenaga, yaitu listrik dan bensin.

Disaat digunakan, mobil balap ini menggunakan tenaga bensin, sembari tenaga listrik diisi. Dengan sekali tombol switch, mobil dapat beralih menggunakan tenaga listrik.

"Mesin dapat diswitch, apabila kita menggunakan bensin, yang listrik terisi ulang. Nanti ketika tenaga bensin habis, tenaga listrik menjadi pendorongnya," ujar Dyah, Kamis (24/9/2015).

Mobil balap ramah lingkungan dikembangkan langsung oleh mahasiswa UNY yang tergabung dalam GarudaUNY, dengan waktu cukup singkat hanya enam bulan.

Berita selengkapnya dapat dibaca di http://jogja.tribunnews.com/

Label Berita: