Workshop Pelatihan Tindakan Kelas dengan variasi metode dan media pembelajaran bagi guru-guru SMKN 3 Yogyakarta oleh tim PPM Otomotif FT UNY

Tim pelaksana PPM Otomotif FT UNY dengan Ketua Prof. Dr. Herminarto SOfyan, M.Pd. mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian berupa pelatihan penelitian tindakan kelas dengan variasi metode dan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah guru-guru SMK N 3 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 24-25 Mei 2019 di ruang sidang utama FT UNY. Kegiatan ini diikuti oleh 25 guru SMKN 3 Yogyakarta yang terdiri dari 16 guru produktif dan 9 guru normatif/adaptif.

Materi yang diberikan pada hari pertama yaitu urgensi penulisan karya tulis ilmiah untuk peningkatan karir dan pengetahuan tenaga pendidik, Penelitian tindakan kelas dengan variasi metode dan media pembelajaran, dan Strategi penulisan karya ilmiah prosiding dan jurnal. Sedangkan materi yang diberikan pada hari kedua mengenai sistematika artikel prosiding dan jurnal, kemudian dilanjutkan tutorial penulisan karya ilmiah dan praktik penulisan karya tulis ilmiah. Selain itu, peserta juga diberikan tutorial untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka ke dalam jurnal online sehingga dapat digunakan sebagai panduan peserta dalam mempublikasikan karya ilmiah mereka nantinya.

Kegiatan workshop yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru di SMKN 3 Yogyakarta mengenai teknik penelitian tindakan kelas mulai dari persiapan, pemilihan metode dan media pembelajaran yang tepat, pelaksanaan, penyusunan laporan hingga bagaimana cara publikasi jurnal karya ilmiah mereka. Kegiatan workshop yang ditindaklanjuti dengan pendampingan oleh tim pelaksana PPM menghasilkan 2 orang peserta berhasil mensubmit karya ilmiahnya dan dipublikasikan di jurnal Pendidikan vokasi otomotif (JPVO). Sedangkan peserta lainnya masih dalam proses mengimplementasikan PTK di kelasnya masing-masing.

Kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat terus dilanjutkan pada masa yang akan datang karena sangat bermanfaat bagi guru-guru di SMK dan juga bagi Universitas Negeri Yogyakarta.

sumber : IS

 

Label Berita: