Uji Kompetensi Guru SMK Otomotif Oleh Tim Peneliti Dosen UNY

Tim peneliti dari Jurusan PT. Otomotif FT UNY yang diketuai Lilik Chaerul Yuswono, M.Pd. melakukan Uji Kompetensi Guru SMK Otomotif. Uji Kompetensi dilaksanakan pada Sabtu, 6 September 2014 di Bengkel Otomotif FT UNY. Materi yang diujikan meliputi kemampuan Guru dalam mengajar praktik dan kompetensi keteknikan dibidang otomotif. Uji kompetensi mengajar praktik dilaksanakan dengan metode micro teaching. Sedangkan uji kompetensi keteknikan dilaksanakan dengan praktik membongkar, merakit, memeriksa, dan melakukan diagnosis terhadap komponen-komponen kendaraan. Komponen-komponen yang menjadi materi uji kompetensi meliputi kelistrikan, mesin kendaraan, sistem rem, dan sistem penerangan kendaraan. Peserta Uji Kompetensi Guru terdiri dari 12 orang guru yang berasal dari SMK-SMK yang memiliki program keahlian Teknik Otomotif Se-Kabupaten Sleman.

Uji Kompetensi Guru SMK Otomotif dilakukan untuk mendapatkan data lebih detail tentang peta kompetensi yang dimiliki oleh guru-guru otomotif yang ada di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian yang didapatkan diharapkan dapat memberikan masukan untuk kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi guru-guru SMK Otomotif terutama dalam implementasi kurikulum 2013.

Menurut Martubi, M.Pd.,M.T. selaku anggota tim peneliti dan juga selaku Ketua Jurusan PT. Otomotif FT UNY, pelaksanaan Uji Kompetensi yang dilakukan di bengkel Jurusan PT. Otomotif FT UNY juga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk lebih mengenalkan Jurusan PT. Otomotif FT UNY kepada SMK-SMK Otomotif se-Kabupaten Sleman. Dengan demikian, guru-guru peserta Uji Kompetensi ini juga dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswanya untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi khususnya di Jurusan PT. Otomotif FT UNY.

Label Berita: