Mahasiswa KKN Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY Aulia Jazman Yazid Memiliki Inisiatif Pengecatan Pada Selokan

Pandemi Covid-19 telah tersebar di belahan dunia dimana salah satunya adalah negara kita sendiri. Pandemi yang terjadi memiliki dampak yang hampir dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat, baik dari segi ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

Hingga sampai dengan saat ini kita berada dalam masa era new normal atau tatanan hidup baru dimana masyarakat menjalankan aktifitas seperti biasa namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Upaya pendukung lain yang dapat dilakukan di masa new normal untuk pencegahan virus corona adalah salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan.

Dalam hal ini mahasiswa haruslah menerapkan dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana salah satunya adalah dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNY 2020. Salah satu mahasiswa KKN jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY atas nama Aulia Jazman Yazid memiliki inisiatif melalui program kerja dimana salah satunya adalah melakukan gotong royong untuk pembersihan dan pengecatan pada selokan di sepanjang jalan Kelurahan Tiwu Galih, Praya, Lombok Tengah, dengan tujuan meningkatkan semangat dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan sekaligus membentuk lingkungan yang sehat sehingga warga di lingkungan tersebut dapat terhindar dari penyakit akibat lingkungan yang kurang sehat. Sekaligus memperindah selokan tersebut.

Pembersihan dan pengecatan selokan ini dimulai dengan membersihkan sampah dan lumpur yang ada di selokan dimana sampah dipisah dan dikumpulkan lalu dibuang pada tempat sampah. Setelah sampah dan lumpur dibersihkan, kemudian dilakukan pemasangan penyaring sampah dan membuat taman kecil disamping selokan. Setelah itu, baru dilakukan pengecatan dinding selokan dengan berbagai warna agar terlihat indah dan bersih serta enak dipandang.

 

Kegiatan ini didukung penuh oleh beberapa pihak seperti Lurah, kepala lingkungan dan masyarakat sekitar dikarenakan proses dan hasil kegiatan ini memiliki pesan tersirat kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan dan lebih sadar akan kesehatan diri dan lingkungannya serta dapat menjadi salah satu langkah untuk pemutusan penyebaran covid-19.

sumber : sekjur otomotif

Label Berita: