Garuda EV-22 UNY Sabet 3 Penghargaan di IIMS

Tim mobil listrik Garuda EV-22 UNY menyabet tiga penghargaan pada Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung Rabu-Minggu (30/3-10/4) di Jakarta. Dalam kompetisi yang diikuti oleh 11 perguruan tinggi ini, UNY mendapat kemenangan pada kategori  Juara Umum, Juara 1 Kategori Skidpad dan Juara 1 Kategori Endurance.

FESC IIMS 2022 merupakan kompetisi on track pertama yang diikuti tim UNY. Manager Tim Kesit Bayu Purnomo mengatakan bahwa tim harus menentukan strategi yang tepat untuk meraih target juara umum. “Proses yang dilakukan tim meliputi persiapan, riset, manufaktur dan latihan driver yang dilakukan selama tiga bulan” katanya, Minggu (10/4). Endurance yang menjadi raihan juara UNY didapat dari penggunaan baterai berkapasitas 72V/64Ah yang diapat dipakai menempuh jarak 50 km dengan speed maksimal 80 km/jam. Casing pada Battery Pack ini dirancang agar baterai litium didalam nya antar satu sama lain memiliki jarak untuk menjaga suhu baterai tidak mengalami overheat. Tidak hanya itu saja, untuk menjaga suhu Battery Pack setiap sel baterai dilapisi dengan plat alumunium untuk mempercepat perpindahan panas yang dihasilkan oleh baterai tersebut.

Driver tim Garuda Sultantyo Djatinegoro memaparkan bahwa tantangan dalam kompetisi ini adalah kegesitan driver dan harus emiliki daya tahan tubuh kuat karena musti menyelesaikan 60 lap uji endurance dan efisiensi. “Tracknya berpasir dan basah karena hujan, oleh karena itu kami gunakan ban basah untuk mengurangi oversteer” katanya. Salah satu kunci keunggulan mobil UNY adalah kemampuan drivability kendaraan yang prima dengan chassis yang sempurna, dengan melalui uji handling dan pengereman kendaraan. Hal ini terbukti saat mobil Garuda UNY meraih kategori skidpad terbaik dalam Student Formula Japan di Jepang beberapa waktu lalu.

Advisor Tim Garuda EV-22 Dr. Zaenal Arifin merasa bangga tim UNY akhirnya berhasil meraih target yang diinginkan yaitu juara umum. “Harapannya tim harus lebih bersiap diri menghadapi kompetisi yang akan datang yaitu Shell Eco-marathon 2022” kata Zaenal. Dosen Fakultas Teknik UNY tersebut mengucapkan terima kasih pada segenap pimpinan UNY yang telah mendukung tim Garuda EV-22 dan dukungan para sponsor sehingga mimpi menjadi juara umum dapat terwujud. 

Garuda EV-22 memiliki dua motor listrik dipasang secara on-wheel di kedua roda belakang. Kedua motor listrik tersebut dikendalikan oleh controller khususnya ketika kendaraan sedang cornering. Ketika kendaraan sedang melakukan cornering ke kanan maka roda bagian kiri harus berputar lebih cepat dibandingkan roda bagian kanan, maka controller tersebut akan mengatur motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kiri untuk berputar lebih cepat dibandingkan motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kanan. Oleh karena itu pemasangan kedua motor listrik secara on-wheel memiliki keunggulan pada manuver akibat dari controller pengendali motor listrik. 

Tim Garuda EV-22 UNY yang berkompetisi di IIMS adalah Kesit Bayu Purnomo, Sultantyo Djatinegoro, Achmad Irfak Ghoniya, Syahdani Arnoyoga dan Muhammad Faqih Widem yang semuanya dari Fakultas Teknik dibawah bimbingan I Wayan Adiyasa, M.Eng dosen Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Prestasi ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan energi bersih. (Dedy)

sumber : https://uny.ac.id/id/berita/garuda-ev-22-uny-sabet-3-penghargaan-di-iims

Label Berita: